Kamis, 26 Januari 2012

Bahaya Mengabaikan Shalat



"Maka sesudah mereka hiduplah pengganti yang jahat, suka mengabaikan shalat dan melampiaskan nafsu syahwatnya, kelak mereka dihadapkan pada (siksa yang) jahat, kecuali yg bertaubat , beriman dan beramal shaleh, maka mereka itulah yg bakal masuk sorga, dan tidal dirugikan sedikitpun". (QS. Maryam 59-60)

Mengabaikan shalat dimaksud meninggalkan atau mengakhiri waktunya.Tidak meyakini hukum wajibnya atau dengan kata lain tidak acuh sekalipun shalat itu hukumnya wajib. Tidak memelihara shalat, enggan datang ke tempat ibadah seperti Mesjid, Mushalla dll. mengabaikan rukun yang wajib ketika shalat

   Diceritakan adanya seorang pria tengah bepergian di pedesaan. Pada suatu hari ia didampingi oleh syetan hingga melalaikan shalat subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya, dan ketika kantuknya, ia hendak tidur lalu kaburlah syetan darinya. Maka ketika ditanya : "kenapa kamu kabur menghindar dariku? jawab syetan : "Sungguh aku berbuat durhaka kepada Allah hanyalah sekali, namun aku di kutuk olehNya. Maka bagaimana dengan laku maksiatmu setiap hari 5x, hingga aku pun segera menghindar darimu, takut kena murka dan dibentak oleh Allah akibat laku maksiatmu"

Nabi SAW dalam sabdanya "
" Siapa saja mengabaikan shalat berjamaah, pasti ditimpa 12 macam cobaan yg membahayakan dirinya, yaitu :
Cobaan di dunia :

  1. Usaha dan rizkinya tidak berkah
  2. Nur Shalihin lenyap darinya
  3. Dibenci oleh setiap mukmin
Cobaan menjelang matinya :
  1. Dicabut ruhnya dalam keadaan haus, sekalipun minum seluruh air sungai
  2. Keluarnya nyawa dirasa sangat pedih
  3. Dikhawatirkan mati tidak membawa iman. Naudzubillah
Cobaan di alam kubur :
  1. Sulit menjawab pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir
  2. Terasa sangat gelap di alam kubur
  3. Kubur menghimpitmya, anggota tubuh/tulang belulangnya terhimpun jadi satu (hancur tubuh)
Cobaan di hari Kiamat :
  1. Terasa sangat berat dalam perhitungan amalnya
  2. Dimurkai Tuhannya
  3. Disiksa oleh Allah dengan api neraka, Naudzubillah
"Barang siapa meninggalkan sholat dengan sengaja, maka ia telah kafir." (HR. Bazzar dari Abu Darda`), kafir yang dimaksud disini adalah ingkar terhadap perintah Allah karena perbuatan orang kafir adalah tidak pernah shalat. Dalam Shahih Muslim dijelaskan bahwa Rasulullah saw bersabda yang membedakan antara orang beriman dengan orang kafir adalah shalat. Maka maukah kita disamakan dengan orang kafir, padahal Rasulullah saw bersabda"Barang siapa mengikuti kebiasaan suatu kaum maka dia termasuk kaum tersebut". Orang2 kafir adalah orang yang tidak pernah shalat, maukah kita termasuk golongan mereka. 


"Barang siapa bertemu Allah sedang ia mengabaikan sholat, maka Allah sama sekali tidak akan mempedulikan kebaikannya." (HR. Thabrani) 

"Barang siapa meninggalkan sholat dengan sengaja, maka terlepas sudah darinya jaminan Muhammad." (HR. Imam Ahmad dan Baihaqi) 

"Allah telah mewajibkan sholat lima waktu kepada hamba-Nya. Barang siapa menunaikan sholat pada waktunya, maka di hari kiamat, sholat itu akan menjadi cahaya dan bukti baginya. Dan barang siapa mengabaikannya, maka ia akan dikumpulkan bersama Firaun dan Haman." (HR. Ibnu Hibban dan Ahmad) .



Tulisan adalah perkataan.... tiada kata yg lebih baik, mengajak manusia kepada ketaatan (dakwah)

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar